Contoh Surat Lamaran Kerja Online Via Email

Contoh Surat Lamaran Kerja Online Via Email

Contoh surat lamaran kerja online yang paling umum adalah melalui email. Era saat ini tentunya sudah sangat jarang sekali ditemukan lamaran kerja secara konvensional seperti dulu.

Semua hal saat ini dapat dilakukan dengan mudah melalui internet. Surat lamaran pekerjaan yang dulu harus para pelamar kirimkan ke perusahaan secara offline tidak berlaku lagi untuk saat ini. Anda sudah bisa mengirimnya melalui email beserta informasi tambahan lainnya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Online

Email merupakan salah satu platform internet yang paling penting. Semua hal dapat kita lakukan melalui email. Pada dasarnya, email memang hadir untuk berkirim pesan.

Sejak maraknya surat elektronik, maka saat ini lamaran pekerjaan pun dengan mudah melalui online dengan bantuan email. Dengan begitu, semua akan berjalan lebih praktis dan hemat tenaga.

Akan tetapi, dalam mengirim surat lamaran pekerjaan lewat email juga tidak boleh sembarangan. Anda tetap harus mengikuti aturan yang berlaku karena bagaimanapun juga, surat lamaran pekerjaan bersifat resmi.

Hal yang tentunya harus ada di dalam badan surat lamaran pekerjaan adalah keterangan alamat surat dan posisi yang akan Anda lamar. Buatlah surat lamaran menjadi semenarik mungkin agar HRD dapat tertarik untuk membacanya.

Selain itu, surat lamaran yang menarik juga akan memberikan poin plus untuk Anda. Hal yang berbeda dalam mengirim surat lamaran online via email adalah Anda tidak perlu menuliskan alamat tujuan di dalam badan surat.

Email sudah menyediakan kolom tersendiri untuk memuat alamatnya yang merupakan menu To, Cc, dan subject. Para perusahaan juga pastinya sudah mencantumkan alamat email tersebut di dalam edaran lowongan pekerjaan. Berikut contoh surat lamaran kerja online:

To : recruitment.hrd@gmai.com (alamat email perusahaan)

Cc : ceo@gmail.com (sesuai yang tertulis di email, jika tidak ada maka tidak perlu diisi)

Subject : posisi pekerjaan yang dilamar (sesuai permintaan perusahaan)

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi yang saya dapatkan, perusahaan Bapak/Ibu sedang membutuhkan tenaga kerja sebagai (posisi pekerjaan). Berikut data diri saya:

Nama :

Alamat :

Tempat, Tanggal Lahir :

Pendidikan :

Bermaksud untuk mengisi lowongan pekerjaan yang tersedia. Bersama dengan surat ini saya lampirkan juga daftar riwayat hidup sebagai bahan pertimbangan lainnya.

Besar harapan saya untuk dapat menghadiri tahap wawancara lebih mendalam. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Nama dan tanda tangan)

Kelebihan Lamaran Kerja Online

Sebagaimana contoh surat lamaran kerja online di atas, ada banyak sekali keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari pada surat lamaran dengan cara konvensional. Lamaran online akan menghemat waktu dan biaya.

Anda hanya perlu mengirim CV, lamaran pekerjaan, dan berkas lain yang perusahaan minta tanpa harus mengeluarkan biaya lebih untuk pergi ke lokasi secara langsung. Proses juga akan lebih cepat karena tidak perlu menunggu antrian.

Bahkan, saat ini bukan hanya lamaran pekerjaan yang dapat dilakukan secara online, melainkan hingga tahap interview atau wawancara. Interview online dirasa lebih efisien karena dapat mengatur waktu kapan saja. Meski begitu, cara online ini tentu juga memiliki kekurangan berupa jaringan internet yang tidak dapat diprediksi dan sangat labil.

Setelah menulis contoh surat lamaran kerja online di email, jangan lupa untuk melampirkan berkas-berkas yang perusahaan minta sebelumnya. Umumnya perusahaan hanya akan meminta daftar riwayat hidup dan ijazah jenjang pendidikan terakhir. Namun, setiap perusahaan tentu memiliki standar dan kriteria yang berbeda.