Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Benar, Berikut Ini Simak Selengkapnya

Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Benar

Mengetahui contoh daftar riwayat hidup bisa jadi sebuah acuan bagi Anda yang akan menulis daftar riwayat hidup yang menarik dan simple sehingga gampang dipahami. Daftar riwayat hidup adalah salah satu dokumen yang diperlukan ketika Anda ingin melamar pekerjaan ataupun ingin magang.

Biasanya daftar riwayat hidup ini diperlukan untuk menyertai surat lamaran kerja. Bisa dikenal juga dengan nama curriculum vitae yang artinya menginformasikan tentang kualifikasi maupun sebuah informasi pribadi seorang pencari kerja.

Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Benar dan Jelas

Ketika Anda ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, biasanya akan diminta untuk menyertakan daftar riwayat hidup. Daftar riwayat hidup atau dikenal dengan istilah CV memiliki peranan yang cukup penting sebab akan menjadi pintu gerbang pertama yang akan menentukan apakah dapat lolos ke tahapan yang selanjutnya atau tidak.

Informasi yang disebutkan dalam daftar riwayat hidup mencakup data diri pribadi, tingkat pendidikan, keterampilan, prestasi, pengalaman kerja, dan lainnya. Nah, dari daftar riwayat hidup pula, perusahaan dapat melihat pencapaian maupun kompetensi yang dimiliki dan bisa memperoleh kesan pertama dari calon karyawannya.

Selain itu juga dengan adanya daftar riwayat hidup maka hal itu bisa membantu pihak HRD untuk mengetahui kapan orang itu lulus serta dari mana asalnya.

Format Daftar Riwayat Hidup

1. Identitas Diri

Dalam identitas pribadi biasanya mencakup seputar nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, serta beberapa hal lain yang ada kaitannya dengan identitas pribadi Anda. Sebaiknya cantumkan dengan benar dan lengkap supaya meyakinkan pihak perusahaan.

2. Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan biasanya diisi dengan mencantumkan riwayat pendidikan yang sudah pernah ditempuh. Urutannya yakni dari awal sampai pendidikan terakhir. Umumnya terdiri dari dua macam yaitu pendidikan formal serta non formal.

3. Pengalaman Kerja

Selain Anda cantumkan identitas diri serta riwayat pendidikan, maka Anda juga wajib untuk menuliskan pengalaman kerja yang sudah pernah dijalani sebelumnya. Tulis bidang pekerjaan yang sudah perna dijalankan, nama perusahaan tempat kerja Anda sebelumnya, serta lamanya waktu bekerja. Nah, dari pengalaman kerja yang ada, maka hal itu bisa jadi nilai tambahan Anda melamar pekerjaan yang selinier di bidangmu.

4. Menambahkan Keterangan Tambahan

Jika Anda adalah lulusan baru yang belum pernah bekerja sama sekali maka hanya perlu menambahkan pengalaman organisasi maupun seminar. Pada pengalaman organisasi bisa dituliskan seperti proyek apa saja yang sudah pernah dikerjakan, apa jabatanmu dalam organisasi itu, posisi, serta tuliskan juga nama organisasinya.

Selain itu juga tambahkan keahlian yang dimiliki. Contohnya seperti dapat berbahasa Inggris yang dapat dibuktikan dengan sertifikat maupun keahlian lain. Nah, keterangan keahlian tersebut dapat menjadi nilai tambah di mata HRD.

5. Tanda Tangan, Waktu, serta Tempat Surat Ditulis

Jika Anda ingin membuat daftar riwayat hidup dengan menggunakan tulisan tangan sendiri, maka jangan lupa tambahkan di bagian bawah yaitu tanda tangan, waktu, serta tempat saat surat itu ditulis. Hal tersebut akan menunjukan bahwa Anda memang betul-betul menulis daftar riwayat hidup tersebut tanpa adanya paksaan dari siapapun.

Sudah mengetahui format membuat daftar riwayat hidup? Jika belum, maka berikut ini contoh daftar riwayat hidup yang benar.

DATA PRIBADI

Nama Lengkap : Muhammad Naufal Zayidan

Tempat Tanggal Lahir : Gunungkidul, 19 Maret 1996

Alamat : Jl, Garuda No 23 Kel, Pancoran Kec. Medan Barat Jakarta Barat 5000

Jenis Kelamin : Laki-laki

Status Perkawinan : Belum Kawin

Agama : Islam

No Telp : 083234567334

Email : [email protected]

Pendidikan Formal

1996 – 2002 SDN 1

2005 – 2005 : SMPN 1

2005 – 2008 : SMAN 2

2008 – 2013 : UGM

Pengalaman kerja

2015-2016 : Pernah bekerja di Sales Marketing di PT Suka Makmur

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan benar dan apa adanya. Adapun tujuan dari penulisan daftar riwayat hidup ini sebagai data tambahan untuk Anda pertimbangkan lamaran kerja yang saja ajukan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Gunungkidul, 07 April 2017

 

(Nama Anda)