Cara Membuat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Cara Membuat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Cara membuat lamaran kerja perlu Anda buat dengan baik dan benar. Apalagi,  surat tersebut sebagai salah satu dokumen yang pertama kali dilihat HRD dan dokumen utama. Peran surat lamaran kerja sebagai syarat diterimanya Anda di sebuah perusahaan sangat besar.

Oleh karena itu, Anda harus membuatnya sesuai ketentuan perusahaan dan dengan format yang benar. Selain  itu, surat tersebut harus menyajikan data-data yang valid dan lengkap. Anda harus memperhatikan dengan benar format penulisannya agar tidak terdapat kesalahan atau ada yang tertinggal sehingga membuat HRD tertarik lalu melirik Anda.

Seperti Inilah Cara Membuat Lamaran Kerja yang Baik dan Formal

Untuk membuat surat lamaran kerja lebih baik mencantumkan data-data yang diperlukan. Misalnya dimulai dari data diri sampai informasi lainnya yang dibutuhkan oleh perusahaan. Kelengkapan suatu berkas lamaran kerja Anda tentunya membuat peluang Anda untuk diterima makin besar.

Berikut ini cara membuat surat lamaran untuk Anda dengan baik dan benar

1. Menulis Nama dan Alamat Surat

Cara membuat lamaran kerja yang pertama ialah menulis nama lalu alamat surat. Anda harus menuliskan nama penerima dan alamat lengkap dari perusahaan yang Anda tuju. Selain itu, Anda juga perlu menulis tanggal ketika membuat surat lamaran kerja tersebut di bagian pojok kanan atas dari lembar surat.

Jika Anda tidak mengetahui nama HRD dari perusahaan yang Anda lamar, Anda cukup mengosongkannya saja. Anda bisa menuliskannya dengan Yth. Bapak/Ibu.

2. Salam Hormat dan Pembukaan

Cara yang selanjutnya ialah menuliskan salam hormat serta pembukaan.Pada bagian kata pengantar atau pembuka, Anda wajib mencantumkan sumber dari mana Anda mendapatkan informasi tentang lowongan kerja dari perusahaan yang Anda tuju.

Baik itu bersumber dari  internet, surat kabar, atau teman Anda. Kemudian, sebutkan posisi jabatan dari pekerjaan yang Anda pilih dalam perusahaan.

3. Biodata Pribadi

Langkah selanjutnya, tuliskan nama lengkap Anda, tempat tanggal lahir, nomor HP atau nomor telepon, dan email Anda. Jika Anda ingin mencantumkan latar belakang pendidikan Anda, tulis saja latar belakang pendidikan tertinggi Anda.

4. Pengalaman Kerja dan Kemampuan Anda

Pengalaman kerja dan skill Anda juga sangat penting untuk dimasukkan ke dalam langkah atau cara membuat lamaran kerja. Sebagai fresh graduate, Anda mungkin belum mempunyai pengalaman kerja. Anda bisa mencantumkan pengalaman magang jika Anda pernah magang di suatu perusahaan. Anda juga dapat  menuliskan organisasi yang pernah Anda ikuti yang sekiranya menunjang Anda dalam posisi yang dilamar.

Tulis juga kemampuan lain yang mungkin dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Tulislah dalam kalimat yang singkat dan padat tapi dapat dimengerti. Dalam akhir kalimat, tulislah  bahwa Anda mempunyai keinginan yang kuat agar diterima di perusahaan tersebut.

5. Penutup

Langkah membuat surat lamaran kerja yang selanjutnya adalah penutup. Buatlah sebuah kalimat penutup yang manis pada surat lamaran kerja Anda. Jangan lupa menuliskan atau mengucapkan terima kasih.

6. Tanda Tangan dan Nama Lengkap

Terakhir, Anda perlu mencantumkan tanda tangan, lalu menuliskan nama. Tanda tangan dan nama lengkap Anda ditulis pada bagian pojok kanan bawah surat.

7. Lampiran

Sebagai cara membuat lamaran kerja yang terakhir yakni Anda juga perlu memperhatikan lampiran. Agar perusahaan yang Anda tuju semakin tertarik untuk menerima Anda, lampirkan juga hal-hal yang mungkin dapat menambah nilai Anda. Ada pula beberapa perusahaan yang juga meminta Anda melampirkan hal lain misalnya transkrip nilai, surat kesehatan, dan lain-lain.

Setelah surat lamaran pekerjaan Anda sudah jadi, jangan lupa untuk mengubahnya menjadi bentuk PDF supaya lebih mudah diperiksa oleh HRD.

Itulah cara membuat lamaran kerja yang haruslah Anda buat dengan baik dan benar. Semoga diterima di perusahaan impian Anda.