Cara Membuat Foto Bokeh di HP Android, Simak di Bawah Ini

Cara Membuat Foto Bokeh di HP Android

Cara membuat foto bokeh di HP Android pastinya banyak digunakan untuk menciptakan foto yang keren dan estetik. Kini untuk foto dengan bagian belakang yang blur tersebut tidak perlu menggunakan kamera DSLR melainkan dengan kamera handphone pun juga bisa. Biasanya foto tersebut juga dapat dihasilkan dengan smartphone dengan kamera ganda maupun kamera tunggal.

Begini Cara Membuat Foto Bokeh di HP Android

Selain membuat foto bokeh menggunakan kamera, membuat foto bokeh juga dapat dibuat menggunakan kamera handphone Android. Apalagi zaman sekarang banyak smartphone Android yang dilengkapi dengan berbagai fitur kamera yang canggih. Dengan begitu membuat foto bokeh dengan Android pun semakin mudah. Berikut ini adalah cara membuat foto bokeh di HP Android dengan mudah dan simple:

1. Pilih Lokasi dengan Pencahayaan Cukup

Dalam dunia foto, cahaya adalah hal yang penting terutama jika menggunakan kamera smartphone. Dimana ukuran lensanya lebih kecil daripada DSLR, karena itu kemampuan menangkap cahayanya pun juga sedikit. Oleh karena itu, Anda harus pandai-pandai memposisikan objek yang akan difoto.

2. Usahakan Objek dalam Keadaan Diam

Hal ini karena kamera smartphone tidak mampu membidik objek dengan kecepatan yang tinggi seperti kamera DSLR atau mirrorless. Karena itu pastikan objek yang difoto harus dalam keadaan diam agar hasilnya tidak blur.

3. Mendekat ke Objek Foto

Foto bokeh memiliki titik fokus pada satu objek yang biasanya memenuhi frame, karena itu dekatkan kamera HP pada objek yang akan di foto. Aturlah jarak kamera dengan objek foto setidaknya 1,5 hingga 2,5 meter. Pastikan Anda mendekatkan kamera bukan menggunakan zoom agar gambar tetap jernih dan tidak blur.

4. Atur Jarak Antara Objek Foto dan Background

Setelah mengatur jarak kamera dengan objek, cara membuat foto bokeh di HP Android selanjutnya Anda harus memperhatikan dan mengatur latar belakang foto atau background. Hindarilah latar belakang yang terlalu dekat dengan objek, misalnya adalah tembok dan lain sebagainya.

Gunakanlah latar belakang dengan jarak yang jauh seperti pemandangan pegunungan dan lain sebagainya. Hal ini karena semakin jauh jarak latar belakang dari objek maka akan semakin blur latar belakang pada foto yang diambil. Hasilnya pun foto bokeh terlihat semakin bagus.

5. Hindari Latar Belakang yang Ramai dan Banyak Objek Foto

Menghindari terlalu banyak objek dalam frame foto juga berguna untuk memaksimalkan hasil foto bokeh. Mode potrait untuk menghasilkan efek blur pada latar belakang juga hanya akan bekerja pada objek dengan posisi sejajar. Karena itu sebaiknya Anda mengambil foto bokeh dengan 2 hingga 3 orang saja hingga hasilnya dapat menjadi lebih optimal.

6. Tab Objek Foto dan Gunakan Fokus Manual

Untuk menghasilkan foto bokeh maka sebelum memotret Anda Harus mengatur fokus pada objek foto terlebih dahulu. Anda dapat melakukannya dengan tap layar tepat pada objek sehingga kamera fokus pada objek dan bagian belakang objek blur. Setelah itu, Anda dapat mengambil foto.

Selain itu Anda juga dapat memanfaatkan fitur fokus manual yang telah di sematkan pada beberapa HP Android kamera tunggal. Dengan begini maka Anda dapat mengatur tingkat blur serta jarak fokus kameranya.

7. Menggunakan Fitur Lens Blur pada Google Camera

Untuk menggunakan mode ini maka Anda perlu mengambil jarak sejauh 1,5 meter dari objek kemudian mengambil foto dengan menggerakkan hp secara perlahan. Memanfaatkan fitur Lens Blur pada aplikasi Google Kamera juga merupakan cara membuat foto bokeh di HP Android yang mudah.