Cara Memasang Template Admin di Codeigniter

Rate this post

Cara Memasang Template Admin di Codeigniter – Codeigniter adalah sebuah framework php yang dibuat untuk mempermudah programmer dalam membuat suatu aplikasi web didalamnya terdapat sekumpulan fungsi-fungsi/prosedur-prosedur dan class-class untuk tujuan tertentu yang sudah siap digunakan. CodeIgniter adalah sebuah web application network yang bersifat open source yang digunakan untuk membangun aplikasi php dinamis.

Codeigniter (CI) merupakan Framework PHP yang menggunakan model MVC ( Model, View, Controller). selain ringan, CI ini juga mudah dipahami dan dikembangkan bagi programer pemula seperti saya. sedikit saya akan jelaskan tentang MVC yang ada di Codeigniter. MVC terdiri dari 3 bagian utama yaitu Model, View, dan Controller. yang mana setiap bagian tersebut memiliki tugas dan fungsi masing – masing.

Model: Bertugas untuk mengatur, menyiapkan, memanipulasi dan mengorganisasikan data dari database sesuai dengan instruksi dari controller. bisa dikatakan. (menyiapkan database).
View: Bertugas untuk menampilkan informasi yang mudah dimengerti kepada user sesuai dengan instruksi dari controller ( Tampilan halaman).
Controller: Bertugas untuk mengatur apa yang harus dilakukan model, dan view mana yang harus ditampilkan berdasarkan permintaan dari user. ( yang mengatur sistem kendali ).
itu tadi sedikit pengenalan tentang Framwork codeigniter yang perlu di pahami sebelum kita lanjut ke tutorial memasang template codeigniter.

Tutorial Memasang Template di Codeigniter

template yang akan kita gunakan yaitu SB admin yang bisa kalian download di websiteny. jika sudah punya template admin nya bisa langsung dicoba.
berikut urutan langkah – langkah yang dilakukan untuk install template codeigniter :

  1. Konfigurasi Codeigniter
  2. menambahkan beberapa file template ke CI
  3. Menampilkan Template di codeigniter
  4. membuat partial template ( header, sidebar, footer)
  5. selesai

sekarang kita mulai mencoba sesuai step di atas. kelihatannya mudah tapi kita tidak tau jika belum mencobanya.
sebelum mencoba alangkah baiknya agan siapkan secangkir kopi hangat dengan di iringi alunan musik akustik biar pikiran tenang dan penuh semangat ūüėČ

1. Konfigurasi Codeigniter

untuk memulai menggunakan CI terdapat beberapa pengaturan dasar yang harus dilakukan sebagai berikut :

Setting Base URL

Base url berfungsi untuk menentukan alamat  web yang akan kita panggil nantinya. untuk mengaturnya buka aplikasinya masuk ke folder application/Config/config.php

 

atur base urlnya :¬†$config[‘base_url’] = ”; menjadi¬†$config[‘base_url’] = ‘http://localhost/Masde’;
ini alamat menggunakan akses melalui localhost (belum menggunakan alamat domain)

Konfigurasi Helper

Helper terdiri dari beberapa fungsi¬† seperti: membuat form, mengakses URL, dll. seperti yang akan kita gunakan sekarang yaitu helper url. untuk mengakse url seperti base url. untuk menambahkan helper masuk ke ke folder¬†application/Config/autoload.php¬†dan cari¬†$autoload[‘helper’] kemudian tambahkan url seperti gambar berikut.

 

2. Menambahkan Template ke CI

setelah download template adminnya kemudian ekstrak file tersebut yang berbentuk zip maka didalamnya berisi seperti gambar berikut.

 

folder yang dibutuhkan untuk memasang template yaitu css, Js, dan vendor. untuk folder vendor kita ubah namanya menjadi assets, langsung saja copy-kan ketiga folder tersebut ke projek codeigniter

 

3. Menampilkan Template di codeigniter

sekarang kita masuk pada  proses menampilkan pemasangan template. untuk menampilkannya kita harus membuat halaman home dimenu Views terlebih dahulu. fungsinya untuk mengecek template yang kita pasang sudah benar ( tidak terjadi error)caranya buat folder page di menu views lalu didalamnya buat halaman home.php

C:\xampp\htdocs\Masde\application\views\page\home.php

selanjutnya copy semua script yang ada dihalaman index.html bawaan template dan pastekan di halaman home.php

 

langkah selanjutnya yaitu kita buat halaman controller saya kasih nama Admin.php dan buat function index yang isi scriptnya seperti berikut.

 

langkah terakhir mengubah konfigurasi router yang mengarah ke controller Admin.php masuk ke config/routers.php dan ubah default controller dengan ‘Admin’ seperti berikut.

fungsinya ketika kita panggil alamat url aplikasi web ini maka otomatis akan pertama masuk controller tersebut.sekarang kita coba buka di localhost apakah sudah berhasil tampil atau masih terjadi error.

caranya buka browser dan ketikan http://localhost/masde/index.php/admin

ket :
localhost : akses lokal
masde : nama folder penyimpanan aplikasi di htdocs Xamps
admin : nama controller

maka hasilnya seperti ini :

 

nah loohhh gak ada warnanya? ketika tampilannya seperti itu, itu artinya komponen css, asset, dan js nya belum ke deteksi. biasanya alamat pemanggilan komponen dan lokasi penyimpanan nya tidak sesuai.
sekarang kita masuk lagi ke halaman home.php dan cari script css/assets/js biasanya berada di atas dan dibawah halaman.

 

bisa dilihat pada gambar diatas nama vendor nya belum di ubah menjadi assets (karena folder vendor tadi sudah di rename menjadi assets)
caranya kita replace all vendor menjadi assets (CTRL+F -> replace all)

 

terakhir sesuaikan link  assets, css, js dengan lokasi foldernya. 

 

dari gambar diatas saya menambahkan ../didepannya karena posisi halaman home.php tempat menampilkan halamannya berada didalam folder page pada views

setelah di ubah kita coba cek lagi maka hasilnya seperti berikut

 

Tutorial selanjutnya yaitu membuat partial template agar sebuah template menjadi lebih efektif seperti membuat header dan footer pada halaman berbeda (di pisah).